Filsafat Ilmu Pengetahuan: Membuka Cakrawala pada Pluralitas Ilmu

ISBN: 978-602-9187-55-7

Rp. 75.000,00

Harga Offline: Rp. 60.000,00
Stok: 3
Silakan login dulu untuk membeli.

Pengalaman konkret para mahasiswa yang akrab berbagai informasi aktual dari internet dan jejaring sosial merupakan titik tolak untuk mengembangkan dialog dengan berbagai pemikiran ilmiah yang dipublikasikan di buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah. Dengan proses tersebut, para mahasiswa diajak untuk membandingkan pengalaman serta pengamatan mereka dengan berbagai pemikiran yang ditemukan di berbagai buku dan artikel ilmiah. Langkah selanjutnya para mahasiswa berproses bersama untuk memahami nilai-nilai dari pengetahuan yang mereka pelajari dan menemukan cara-cara konkrit untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut. Dengan proses pembelajaran yang bertolak dari pengalaman, pembelajaran filsafat ilmu diharapkan membantu para mahasiswa menjadi pribadi yang kritis, menghargai pluralitas ilmu, mengembangkan dialog lintas ilmu, peka terhadap persoalan-persoalan hidup bersama dan terdorong untuk melibatkan diri dalam mengembangkan kualitas hidup bermasyarakat. Judul buku ajar Filsafat Ilmu Pengetahuan: Membuka Cakrawala pada Pluralitas Ilmu menginsyaratkan bahwa spirit dan proses pembelajaran filsafat ilmu demi pengembangan cakrawala berpikir yang terbuka, dialogis dan reflektif dalam konteks pesatnya perkembangan ilmu-ilmu dan teknologi. Selain terbuka terhadap perkembangan akan keberagaman ilmu, para pembelajar diharapkan juga bersikap kritis-reflektif terhadap nilai-nilai yang ditawarkan oleh ilmu-ilmu tersebut. Muara dari pembelajaran ini adalah terbentuknya karakter mahasiswa yang cerdas, reflektif dan semakin terlibat untuk memperjuangkan nilai-nilai keterbukaan, kebenaran, kejujuran, keadilan, dan kerjasama di dalam membangun kehidupan bersama yang semakin berkualitas.


 kembali
Penulis C.B. Mulyatno, Pr., .... [et al.]
Penerbit USD
Suplier USD
Perkiraan Berat 130 gram
Tahun Terbit 2013
Halaman vii+120 hlm.