Strategi Mutakhir dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra
ISBN: 978-623-143-023-6
Rp. 88.000,00
Harga Offline: Rp. 88.000,00
Stok: 0
Pembelajaran sastra di dunia pendidikan formal banyak tergantung pada rancangan kurikulum yang berlaku. Setiap kali ada perubahan kurikulum, harapan itu muncul kembali. Banyak pengamat sastra menilai bahwa kondisi pengajaran sastra sampai saat ini belum memberi jawaban yang tepat, masih jauh dari ideal, bahkan justru semakin parah. Wahyudi (2007) mengamati bahwa dalam kurikulum mana pun, pengajaran sastra tetap saja terpuruk. Masalah klasik yang selalu dihadapi antara lain: pengajaran sastra dititipkan dalam pengajaran bahasa, rendahnya kompetensi guru di bidang sastra, pengajaran sastra menjadi bagian kecil dari pengajaran bahasa, strategi pengajaran sastra yang mengkhianati jati diri sastra, dan tidak tersedianya karya-karya sastra yang dapat diakses oleh siswa-siswa di seluruh tanah air. Damono (2007) bahkan mengungkapkan penilaian dan kritik yang sangat keras, "Kita semua memiliki kecenderungan yang sangat kuat untuk menganggap sepele kesenian di zaman yang nafsu utamanya adalah kemajuan ekonomi dan kemelimpahan duniawi." Pengajaran sastra dinilai semakin terdesak dan sifat sekolah justru menjadi mesin pengajar pengetahuan untuk keperluan ujian (Damono, 2007). Gejala pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah yang hanya berfungsi menjadi mesin pengajar pengetahuan untuk keperluan ujian kiranya menjadi salah satu faktor akademis munculnya buku Strategi Mutakhir dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Buku yang didedikasikan untuk seorang pakar pengajaran sastra ini mencoba menjawab dan memberikan beberapa alternatif berupa strategi terbaru dalam pembelajaran bahasa dan sastra. [KATA PENGANTAR]
kembali
Penulis | Yulianeta, Stanislaus Sunardi, Yoseph Yapi Taum, I. Praptomo Baryadi, Susilawati Endah Peni Adji, .... [et al.] |
Penerbit | USD |
Suplier | USD |
Perkiraan Berat | 450 gram |
Tahun Terbit | 2023 |
Halaman | xix+302 hlm |