Pengukuran Psikologis
ISBN: 978-602-9187-75-5
Rp. 85.000,00
Harga Offline: Rp. 68.000,00
Stok: 63
Pengukuran psikologis atau psikometri merupakan salah satu bidang kajian dalam Psikologi yang bisa disebut sarat silang pendapat. Sebagai subdisiplin yang mendasarkan diri pada asumsi-asumsi positivistik-esensialistik-realistik, dia cenderung -dimusuhi- bahkan oleh saudara-saudaranya sendiri di lingkungan Psikologi yang memilih mengikuti asumsi-asumsi konstruktivistik-hermeneutik-interpretatif, dan dianggap ketinggalan zaman. Dalam layanan intervensi psikologis di lingkungan klinis, berkat peran utamanya mensuplai data untuk keperluan diagnosis dia dituduh merendahkan martabat psikolog dengan menempatkannya inferior dibandingkan profesional lain, psikiater misalnya, serta mereduksi sumbangannya sebagai sekadar tukang tes. Buku ini mencoba membantu menepis tudingan-tudingan tersebut dengan cara menunjukkan posisi dan peran pengukuran psikologis menurut proporsinya. Dalam kurikulum program S-1 Psikologi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, kajian tentang pengukuran psikologis diolah dalam tiga mata kuliah yang bisa disebut sebagai sejenis trilogi, yaitu Psikometri, Konstruksi Tes, dan Penyusunan Skala Psikologis. Psikometri menyajikan dasar-dasar konseptual-teoretis tentang pengukuran psikologis. Penerapannya dalam rangka penyusunan maximal performance tests meliputi aptitude tests atau tes bakat dan achievement tests atau tes prestasi diolah dalam mata kuliah Konstruksi Tes. Penerapannya dalam rangka penyusunan typical performance tests meliputi berbagai jenis inventori kepribadian diolah dalam mata kuliah Penyusunan Skala Psikologis. Buku ini mencoba menyajikan tiga materi tersebut dalam satu kesatuan. Dengan begitu diharapkan mahasiswa maupun para pembaca umum terbantu memahami aneka konsep pengukuran psikologis beserta penerapannya dalam satu kesatuan pengertian.
kembali
Penulis | Augustinus Supratiknya |
Penerbit | USD |
Suplier | USD |
Perkiraan Berat | 456 gram |
Tahun Terbit | 2014 |
Halaman | xvi+334 hlm. |